Image default
Home » Nazaruddin Tempati Ruangan “VIP” di Sukamiskin, Sama Seperti Setya Novanto
Kabar Nasional

Nazaruddin Tempati Ruangan “VIP” di Sukamiskin, Sama Seperti Setya Novanto

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas 1A Sukamiskin, Bandung, Tejo Harwanto memberikan konfirmasi dan membenarkan sel yang dihuni oleh Setya Novanto tersebut lebih luas dibanding dengan sel yang dihuni narapidana lainnya dengan ukuran 300 X 500 cm. “Ruangan Pak Setya Novanto ini memang lebih besar. Ya, mjngkin kira-kira 300-500 cm,” tutur Tejo di saat ditemui di Lapas Sukamiskin, pada Minggu 16 September 2018.

Menurut Tejo, kamar yang sel tahanan yang bisa dibilang luas bukan hanya dihuni oleh Setya Novanto saja. Terdapat kira-kira 40-an sel tahanan yang memiliki ukuran luas yang sama. Ada juga beberapa narapidana yang memiliki hunian dengan ukuran yang sama dengan Setya Novanto adalah Nazaruddin, Joko Susilo, dan Tubagus Chaeri Wardhana atau akrab dipanggil Wawan. “Lalu ada lagi napi umum yang baru masuk juga di situ (kamar ukuran lebih luas) kemudian sudah lama mereka menempati ruangan hunian yang besar tersebut,” ujar dia seperti diberitakan oleh Antara.

Polemik akan perbedaan standar ukuran kamar sel di Lapas Sukamiskin tersebut muncul setelah sidak yang dilakukan oleh Ombudsman. Pimpinan Ombudsman Ninik Rahayu begitu menyoroti perbedaan standar ukuran yang diterapkan pihak lapas kepada narapidana.Kata dia, seharusnya didalam proses tahanan dan pembinaan, seluruh napi harus mendapatkan pelayanan dan perlakuan yang sama tanpa adanya pandang bulu.

Menurut Tejo Harwanto, hunian yang di lapas Sukamiskin tersebut terbagi menjadi tiga yakni ada kamar dengan ukuran kecil, kamar ukuran sedang, dan kamar ukuran besar. Kontsruksi bangunan Lapas Sukamiskin adalah merupakan salah satu bangunan yang memiliki history sejarah yang awal dibangun sejak 1918 dan sudah mejadi sebuah cagar budaya yang tidak mungkin untuk dirombak ulang, hal tersebut dilakukan untuk tidak merusak konstruksi asli bangunan tersebut.

“Yang tidak kalah penting lagi adalah bahwa di sini kita menekankan bahwa mereka (penghuni sel luas) akan mendapatkan pelayanan yang sama dengan kamar bentuk yang sama seperti yang didapatkan oleh narapidana lainnya. Saya teknkan kembali bukan luasannya, kami tidak perdebatkan luas nya,” ucapnya. ( Aldy / Klik Bandung )

Related posts

Ribuan Bobotoh Dukung Persib Lawan Persebaya

admin

Muchlis Hadi ditunjuk Mario Gomez jadi Striker Melawan Persebaya

admin

Persib Lawan Persebaya, Tanpa Bauman dan Febri

admin